Cengkeraman Kapitalisme Di Bumi Lancang Kuning


Asap seolah-olah menjadi fenomena yang menakutkan. Ketika hutan dibakar yang dipaksakan menjadi basis industrialisasi pertanian. Siapa yang dipersalahkan ? Petani, lagi-lagi petani yang ditahan dan ditangkap yang dibayar oleh pihak perusahaan. Kemana pemilik perusahaan ? Apakah mereka berdalih yang jelas-jelas itu mereka yang berkilah. Seolah-olah birokrasi pemerintahan bungkam dan diam seribu Bahasa.

Kemiskinan yang tersedia khususnya masyarakat Riau hanya dipersiapkan untuk menjadi budak ditanah lancang-kuning. Tanpa harus mereka tahu seberapa kekayaan energi dan minyak yang mereka miliki ditanah mereka sendiri. Apakah memang disengaja ketidaktahuan mereka tersebut dibungkam atas hak kekayaan yang mereka miliki ? Bukankah baru-baru ini terdengar isu bagaimana tertangkapnya mafia minyak dikepulauan Riau ? Sekelas PNS saja kekayaannya melebihi kekayaan Gayus Tambunan “Buslsyettt”. Korupsi yang didepan mata memecahkan rekor diindonesia tiga periode secara berturut-turut telah tertangkap basah oleh Negara dan menjadi tersangka ? Lebih dari itu banyak perihal yang hari ini belum terdeteksi dan terintelejensi oleh pihak birokrasi penangkapan. Harapan terbesar semoga Rakyat Lancang – Kuning untuk terus melakukan pengawasan dan kontrol. Jikalau tidak, kita mati dalam perpolitikan busuk yang mematikan dan memarjinalisasikan oleh perampasan lahan tersebut. Riau merupakan ujung tombak para perusahaan besar asing masuk ke Indonesia yang kemudian mereka juga yang memperkaya birokrasi Riau yang meraup keuntungan. Tanpa pernah berfikir bagaimana seharusnya mereka mensejahterakan masyarakat Riau yang jelas-jelas masih banyak ekonominya dibawah rata-rata (kemiskinan).

Apapun alasannya bahwa Bumi Lancang Kuning hari ini dibawah ketiaknya negara-negara pemodal besar (komprador Kapitalis) yang lahir dari rahimnya negara-negara Imperialis. Siapa yang mengendalikan Chevron, Wilmar, Caltex, Sinar Mas dan lain-lain. Sekiranya birokrasi Negara dengan senang hati untuk menjelaskannya.



……..Thanks……..




1 komentar:

Terbaru dan mudah untuk digunakan bagi kamu pecinta serial drama korea, sudah tau kalau sekarang menonton film drama korea sangat mudah, cukup download aplikasi MYDRAKOR di GooglePlay gratis MYDRAKOR menghadirkan nuasa menonton film drama korea sangat mudah, MYDRAKOR banyak pilihan film drama korea terbaru.

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

https://www.inflixer.com/

Posting Komentar