Sejarah Berdirinya Surat Kabar KR (Kedaulatan Rakyat)



A. Sejarah berdirinya Kedaulatan Rakyat

Kedaulatan Rakyat disingkat KR didirikan oleh HM. Samawi dan M. Wonohito. Surat Kabar Kedaulatan Rakyat terbit dan didirikan sejak 27 September 1945. Merupakan koran ke-2 (dua) setelah koran Bahasa Jawa yang bernama “Sedya Tama” yang terbit 2 minggu sekali. Saat koran Sedya Tama dibreidel oleh tentara Jepang. Kemudian tentara Jepang mendirikan percetakan dan menerbitkan koran Sinar Matahari. Didorong keinginan menerbitkan koran sendiri oleh pemerintah Indonesia. Maka, koran Sinar Matahari yang berkaryawan orang Indonesia. Atas gagasan HM. Samawi dan H Madikin Wonohito. Maka, berdirilah percetakan dan harian Kedaulatan Rakyat. Nama harian Kedaulatan Rakyat diambil dari Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 (empat). “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Maka, disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.” 


Kedaulatan Rakyat memang terbit pada masa penjajahan jepang. Peredaran surat kabar inipun sempat dicekal oleh pihak penjajah. Para penjajah beralasan bahwa mereka khawatir dengan pemberitaan yang disuguhkan oleh Kedaulatan Rakyat nantinya akan mempengaruhi rakyat untuk menentang pihak penjajah. Kecerdasan itu akan membuat orang semakin kritis dan tahu apa yang ingin dilakukan serta yang ingin diraihnya. Kemudian tidak mengherankan kalau bangsa penjajah tidak senang bangsa yang dijajahnya menjadi bangsa yang cerdas. Kecerdasan itu akan menimbulkan pemberontakan. Kedaulatan Rakyat adalah bukti kehausan informasi yang dirasakan oleh warga Yogyakarta pada khususnya dan seluruh rakyat indonesia pada umumnya. Namun, berkat kegigihan dan keinginan pemrakarsanya, koran inipun akhirnya bisa kembali terbit. Walaupun sebelumnya sempat dibredel oleh penjajah dengan nama Kedaulatan Rakyat dengan mengambil istilah UUD 1945 alinea ke 4 (empat) sebagaimana telah dipaparkan diatas. 


B. Letak Geografis

Kedaulatan Rakyat merupakan industri media yang telah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan kedudukan perusahaan Surat Kabar Kedaulatan Rakyat yang sangat strategis. Berdekatan dengan Tugu Yogyakarta. Serta, jalur satu arah yang meng hubungkan ke stasiun KA (Kereta Api) dan Malioboro. Kedudukan kantor Redaksi Kedaulatan Rakyat beralamat Jl. Margo Utomo (Mangkubumi) Nomor 40-42, Yogyakarta. Lokasi pabrik percetakan berada dijalan Solo. Bandara Adi Sucipto arah Timur disisi selatan jalan Solo.

C. Perkembangan 
a. Fase awal

Pertama kali terbit surat kabar Kedaulatan Rakyat memiliki jumlah halaman yang hanya 16 lembar. Kemudian berkembang menjadi 24 halaman dan oplahnya naik menjadi lebih dari 125.000 eksemplar. Terbitan awal yang telah berjumlah 16 halaman itu sebenarnya merupakan satu prestasi tersendiri. Karena pada masa ketika semua serba sulit. Namun, para pendiri Kedaulatan Rakyat dengan semangat yang membara terus maju dan tidak peduli dengan keadaan. Karena yang mereka pikirkan bahwa rakyat harus mendapatkan informasi yang membangun. Informasi yang akan membuat mereka bergerak menuju satu titik kemenangan jiwa yang akan mengarah pada titik kemenangan raga yang seutuhnya. Kedaulatan Rakyat berjuang dengan rakyat demi mencerdaskan semua jiwa anak bangsa. Kot aguded ini hidup dan tumbuh secara beriringan dengan korannya. Takkan salah bila kalau semua denyut kehidupan warga Yogyakarta bisa ditemukan pada surat kabar Kedaulatan Rakyat. Karena Kedaulatan Rakyat sadar akan fungsi dan sadar bahwa ia sudah seperti satu kawan akrab bersama dengan seluruh warga Yogyakarta.

b. Fase kini

Usia Kedaulatan Rakyat sama dengan usia kemerdekaan indonesia. Maka, selama itu pula koran Kedaulatan Rakyat terus memperbaharui diri. Baik dari segi pemberitaan maupun tampilan dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan masyarakat jawa. Tantangan sebelum dan sesudah kemerdekaan tentu saja berbeda sangat berbeda. Sebagai pejuang kehidupan Kedaulatan Rakyat tidak mau kalah dalam setiap peperangan yang dihadapi. Kedaulatan Rakyat berusaha menyesuaikan diri dengan perkembangan rakyat. Hal ini sebagai satu upaya agar Kedaulatan Rakyat tetap menjadi satu rujukan yang dibutuhkan oleh warga yogyakarta.

Kedaulatan Rakyat kini juga mulai bersahabat dengan kemajuan tekhnologi. Pemberitaannya kini bukan hanya dapat dinikmati melalui lembaran-lembaran kertas, tetapi juga situs online milik Kedaulatan Rakyat itu sendiri. Kesadaran tentang kemajuan zaman dan menyesuaikan dengan apa yang ada ditengah masyarakat adalah contoh melanjutkan hidup yang dihadirkan oleh Kedaulatan Rakyat untuk seluruh warga Yogyakarta. Sebagai sebuah koran yang terbit didaerah Kedaulatan Rakyat tetap memegang identitasnya sebagai putra daerah. Koran ini tidak akan meninggalkan ciri khas kedaerahannya. Rubrik yang disajikanpun beberapa ada yang mengangkat tema Jawa. Selain itu juga penggunaan bahasa Jawa juga sering menghiasi rubrik yang setia hadir dipojok kanan bagian bawah halaman pertama koran Kedaulatan Rakyat tersebut. Inilah gaya Kedaulatan Rakyat agar tetap berada dibumi Yogyakarta yang hingga sampai saat ini mampu memberitakan dunia. Dibawah naungan PT BP Kedaulatan Rakyat Group, Kedaulatan Rakyat lebih maju dan berkembang dengan mampu memiliki berbagai media, di antaranya media cetak, media sosial, siaran dan lain-lain.

A. Jumlah Pengguna (Penyimak/Pembaca) Kedaulatan Rakyat

A. Demografi
----------------------------------

B. Sebaran Pengguna (Penyimak/Pembaca) Kedaulatan Rakyat

a. Lokal Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulonprogo, Solo, Pantura, Kedu, Banyumas dan Semarang.

b. Nasional dan Internasional 

A. Acara yang dihasilkan

a. KR Radio 107,2 FM 
Program Siaran Harian :

No
Jam
Acara
1
00.00 - 03.00
Lesehan KR (Campursari)
2
03.00 - 05.00
Ki Ti Es O ( Kidung Titi Sonya ), Keroncong
3
05.00 - 06.00
Bening Hati
4
06.00 - 06.15
Lintas Liputan Pagi
5
06.00 - 08.00
PPCS ( Pagi - pagi Campur Sari )
6
08.00 - 10.00
Teras Dangdut
7
10.00 - 13.00
Nuansa Ghita
8
13.00 - 15.00
Puri KR (Campursari)
9
15.00 - 15.10
Indor ( Informasi Dunia Olahraga )
10
15.00 - 17.00
Tugu Jogja (Koes Plus)
11
17.00 - 18.00
Lintas Liputan Sore
12
18.00 - 20.00
Radio Action (New Entry)
13
22.00 - 24.00
Langit Malam

Program Siaran Mingguan :

Senin
20.00 - 21.00 Follow Me
21.00 - 24.00 Slow Rock
Selasa
20.00 - 22.00 K-Pop
22.00 - 24.00 Langit Malam
Rabu
20.00 - 21.00 Kaca
21.00 - 24.00 Langit Malam
Kamis
20.00 - 22.00 Plat AB
22.00 - 24.00 Langit Malam
Jum'at
21.00 - 24.00 Wayang
Sabtu
20.00 - 22.00 TKO (Tembang Karaoke)
22.00 - 24.00 Ghita 80an
Minggu
05.00 - 06.00 Dikopi (Didi Kempot Pagi - pagi)
10.00 - 13.00 K-Pop
20.00 - 21.00 Follow Me
21.00 - 24.00 Soneta Mania 


b. Tour and Travel Kaerindo Wisata

Kegiatan Perusahaan :

Menyediakan Paket Wisata Pribadi & Rombongan kebeberapa tempat di indonesia dan Seluruh Dunia. Selain itu juga melayani paket Honeymoon diberbagai tujuan dengan fasilitas dan pelayanan yang baik sesuai dengan keinginan konsumen dan peraturan yang berlaku didunia kepariwisataan. Mengundang dan melayani Tourist Domestik dan Mancanegara untuk datang dan menikmati keindahan Indonesia dan Jogjakarta pada khususnya. Selain itu, juga menyediakan jasa wisata kapal (Cruise) dengan berbagai paket berlayar disebagaian belahan dunia dengan guide yang handal. Melayani perjalanan khusus yang merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan maksud tertentu, diantaranya : Umroh dan Haji, Holyland (Wisata Ziarah Umat Nasrani), Kunjungan Kerja/ Kunjungan Dinas, Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dan Wisata Pendidikan dan Pengetahuan. Selanjutnya dibidang tiketing melayani jasa penyediaan tiket transportasi baik darat, laut dan udara dengan jasa pengantaran gratis ke rumah/ kantor (kondisi berlaku). Tiket dan voucher yang disediakan meliputi: Tiket Pesawat (Domestik dan Internasional), Tiket Kapal Laut (Tujuan Dalam Negeri dan Paket Mobil melalui Kapal Laut), Tiket Kereta Api Bisnis & Eksekutif keberbagai Tujuan di Indonesia (Termasuk Paket Kereta Wisata), Voucher Objek Wisata dalam dan luar negeri dan Voucher Hotel (reservasi hotel) dalam dan luar negeri. Melayani persewaan mobil dengan fasilitas Driver yang handal dengan pelayanan prima dan ramah. Juga melayani antar jemput tamu Hotel dan Bandara. Dibidang lain Kaerindo Wisata juga bergerak dalam kegiatan khusus yaitu mengerjakan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exibition), selain itu Gathering, Training dan paket Outbound Training juga dapat kami layani dengan baik, termasuk paket wisata adrenalin (Buggi Jumping, Rafting, dan Paralayang). Serta, penyewaan jasa Bus Pariwisata Eksekutif.

c. Pemberitaan Media Cetak dan Online (Koran Kedaulatan Rakyat dan Kedaulatan Rakyat Online) mencakup beberapa liputan diantaranya :

a). Liputan lokal : Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulonprogo, Solo, Pantura, Kedu, Banyumas dan Semarang.

b). Liputan Nasional : Politik, Hukum, Kesejahteraan Sosial dan Nusantara

c). Liputan Pendidikan : Berita Kampus dan Berita Pendidikan

d). Liputan Ekonomi : Keuangan, Korporasi, Sektor Riil, Manajemen Bisnis dan Industri Kreatif

c). Liputan Olahraga : Lokal, Nasional, Internasional, Sepakbola, Balap dan Raket.

d). Liputan Tekhnologi : Otomotif dan Gadget

e). Liputan Wisata : Info Hotel, Obyek Wisata, Kuliner, Seni dan Budaya

f). Liputan Gaya Hidup : Selebritis, Film, Keluarga, Fashion, Kesehatan, dan Seksualitas

g). Liputan Remaja : Liputan Utama, Profil Menginspirasi, Fiksi Remaja, Pendapatmu, dan Konsultasi Remaja.

i). Liputan Tambahan : Indeks, Citizen Journalizm, Internasional, Kriminal, Info Haji, Cerita Misteri, Opini, Undercover, Analisis, E-paper dan Iklan.

d. Koran Merapi

e. Minggu Pagi enteng berisi (Koran Minggu Pagi)

f. Ultra

g. Swara Kampus

Rubrikasi Liputan :

a). Laporan Utama (Laput). Rubrik Laput akan menyajikan pembahasan suatu tema dengan mendalam. Tema Laput dapat ditulis dalam beberapa tulisan sehingga pembahasannya lebih komprehensif. Tema-tema yang akan diangkat merupakan tema-tema yang menarik, penting dan menjadi perhatian banyak kalangan dalam dunia pendidikan khususnya kampus, serta hidup dan kehidupan mahasiswa. 

b). Forum Rektor, Forum Rektor merupakan rubrik wawancara khusus kepada rektor-rektor perguruan tinggi di Yogyakarta. Tema wawancara akan disesuaikan dengan bidang pemikiran atau pun aktualitas saat wawancara dilakukan. 

c). Swara Mahasiswa: rubrik ini berisi artikel opini tentang pendapat dan pemikiran mahasiswa dalam memandang suatu tema tertentu dalam kerangka dunia pendidikan. 

d). Panorama (life style ), rubrik ini akan mengupas tentang kehidupan mahasiswa dengan berbagai gaya hidupnya. 

e). Dinamika Kampus, rubrik ini mengenai dinamika mahasiswa, rektorat maupun birokrasi kampus. 

f). Ekskul, rubrik ini akan berisi informasi tentang profil, aktivitas ataupun prestasi organisasi kemahasiswaan dari berbagai perguruan tinggi yang layak untuk diangkat. 

g). Trend, berisi informasi tentang produk-produk yang sedang menjadi trend dikalangan mahasiswa. Misalnya, laptop terbaru, telepon seluler, kendaraan, internet broadband, pakaian, dan lain-lain. 

h). Sharing, berisi profil mahasiswa, dosen mapun peneliti berprestasi yang bisa dijadikan inspirasi bagi mahasiswa mapun dosen lain. 

i). Swara Redaksi, merupakan editorial yang berisi sikap redaksi Swara Kampus dalam menyikapi isu-isu dalam dunia pendidikan. 

j). Status Kampus, rubrik yang berisi komentar-komentar mahasiswa, dosen, maupun masyarakat tentang suatu tema yang dilemparkan oleh redaksi melalui situs jaringan sosial Facebook. 

l). Karya, rubrik yang berisi informasi-informasi tentang hasil riset mahasiswa, dosen ataupun pusat-pusat studi di perguruan tinggi. 

m). Prestasi, berisi tentang sosok mahasiswa ataupun dosen yang memiliki prestasi, sebagai inspirasi bagi mahasiswa yang lain. 

B. Keistimewaan/ciri khas lembaga

a. KR Radio 107,2 FM merupakan KR Radio mencoba banyak menghadirkan kearifan lokal, dinamisasi regional, ragam potensi nasional, juga pengetahuan tentang dunia antara informasi terbaru, budaya, hiburan juga pendidikan agar bisa jadi inspirasi pada semua lapisan sebagai ucapan terimakasih dan rasa tanggung jawab KR Radio pada ranah publik. Langkah tepat menjadikan KR Radio sebagai partner untuk mencapai efektifitas, efisiensi dan tepat sasaran. Nikmat secangkir kopi tentunya diawali dari pemilihan bahan-bahan segar juga berkualitas. Demikian pula KR Radio yang hanya akan mengambil bahan untuk konsumsi siaran yang segar dan berkualitas juga dibutuhkan, disajikan disaat tepat sesuai dengan kebiasaan secara umum masyarakat yang dinamis membuat semakin istimewa. Apalagi dengan perhatian juga penanganan secara serius pada kemasannya. Tanpa meninggalkan estetika, budaya juga nilai edukasi KR Radio yang memfokuskan diri pada pemberitaan up to date berharap dapat menjadi rujukan pihak-pihak pencari informasi dengan ragam kepentingan. KR Radio media informasi dan hiburan melangkah percaya diri karena menjadi bagian dari PT. BP. Kedaulatan Rakyat Group yang secara proporsional mengkonvergensi Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, SKH Koran Merapi, Koran Minggu pagi dan Krjogja.com dengan KR Radio.Harapan bisa memberikan sebesar-besarnya manfaat untuk masyarakat.107,2 FM KR Radio Media Informasi dan Hiburan, lebih mudah menjangkau segala lapisan dengan daya pancar luas. Untuk memberikan pelayanan secara maksimal sebagai wujud kecintaan KR Radio pada masyarakat. Inilah KR Radio dengan segala keunikan yang berkualitas terutama untuk saratnya informasi yang diperdengarkan dan hiburan yang dikemas secara creative tanpa melupakan norma-norma yang berlaku.

b. Tour and Travel Kaerindo Wisata merupakan Kaerindowisata merupakan badan usaha dengan status perusahaan swasta yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), yang bergerak dalam Bidang Biro Perjalanan Wisata (Tour & Travel) dan usaha lain yang sebidang dengan kegiatan dasar Wisata. Berkedudukan di Yogyakarta PT. Kaerindo Wisata berdiri pada 14 April 2011. Kaerindo Wisata yang berkantor pusat di Jl. P. Mangkubumi No.42 Kota Jogjakarta – Indonesia ini merupakan salah satu perusahaan jasa yang berdiri dan menjadi bagian dari bidang usaha PT. BP Kedaulatan Rakyat yang tidak lain dan tidak bukan adalah salah satu Media Terbesar di Jogjakarta yang menerbitkan Koran Harian Pagi sejak tahun 1945. Kaerindo Wisata merupakan Biro Perjalanan Wisata yang memiliki perijinan/ legalitas yang lengkap dimana sebagai pendukung kegiatan usaha yang bersifat berkelanjutan. Selain itu kami juga anggota dari berbagai organisasi pelaku kegiatan wisata baik dalam dan luar negeri.

c. KR Online merupakan divisi usaha dari Kedaulatan Rakyat Group yang bergerak di bidang pemberitaan media online. Didirikan pada tanggal 1 Juni 2009, media ini online di dunia maya dengan alamat www.krjogja.com. Pada awalnya website kedaulatan Rakyat ini hanya berisikan berita yang diambil dari media cetak SKH Kedaulatan Rakyat, dengan alamat website www.kr.co.id. Sampai dengan 1 Juni 2009 barulah menambahkan pemberitaannya dengan edisi News Aktual beserta kanal-kanal lainnya. KRjogja.com memiliki beragam konten berita daerah terdiri dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Nasional, Internasional, Eksbis, Pendidikan, Sport, Lifestyle, wisata, Teknologi dan konten konsultasi penanggalan. KRjogja.com diluncurkan pada tanggal 1 juni 2009 dan merupakan cikal bakal bisnis online pertama milik PT.BP. Kedaulatan Rakyat Group. Pembaca KRjogja.com meliputi profesional, karyawan kantor, pengusaha, politisi, pelajar, dan ibu rumah tangga. Konten berita KRjogja.com ditulis singkat, padat dan dinamis sebagai respon terhadap tuntutan masyarakat yang semakin efesien dalam membaca berita. Selain itu konsep portal online juga semakin menjadi pilihan masyarakat karena sifatnya up-to-date dan melaporkan kejadian peristiwa secara instant pada saat itu juga sehingga masyarakat tidak perlu menunggu sampai esok harinya untuk membaca berita yang terjadi. Prosedur kami adalah melaporkan setiap kejadian secepatnya.

d. Swara Kampus diterbitkan sebagai komitmen Harian Kedaulatan Rakyat untuk memberikan informasi terbaik dan terpercaya kepada sidang pembacanya. Terutama bagi pembaca kelas menengah terdidik seperti mahasiswa serta dosen. Mahasiswa DI Yogyakarta yang mencapai 300 ribu orang ditambah lebih dari 20 ribu dosen, peneliti serta karyawan perguruan tinggi, merupakan pembaca yang harus diperhatikan. Lebih dari itu, hadirnya Swara Kampus merupakan perwujudan tanggung jawab moral Harian Kedaulatan Rakyat untuk meneguhkan kembali DI Yogyakarta sebagai pusat pendidikan di Indonesia. Diharapkan dengan adanya Swara Kampus dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan serta ilmu pengetahuan. Swara Kampus merupakan media suplemen pendidikan Harian Kedaulatan Rakyat, yang menerapkan jurnalisme warga (citizen jurnalism). Jurnalisme warga memiliki ciri-ciri antara lain: Pertama, menempatkan khalayak pembaca sebagai partisipan. Mengajak masyarakat terlibat dalam berbagai masalah komunitasnya. Perlu rubrik untuk diskusi publik: ada public service, penyebaran informasi, kritik sosial, dan pesan moral. Kedua, masyarakat pembaca melalui mekanisme tertentu dilibatkan sebagai kontributor informasi. Ketiga, memberikan arah stressing kepada masyarakat yang diupayakan untuk merasa memiliki media itu dan menjadi bagian dari media itu. Dalam proses penerbitannya, Swara Kampus, menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme warga tersebut. Rubrikasi dalam Swara Kampus diisi oleh mahasiswa (sebagai segmentasi terbesar). Oleh sebab itu mahasiswa yang akan mengisi rubrikasi Swara Kampus diberikan pelatihan jurnalistik terlebih dahulu. Setelah diberikan pelatihan jurnalistik, barulah mahasiswa ditugaskan untuk melakukan praktek peliputan berita, yang nantinya dimuat di Swara Kampus. Oleh karena itu, produk utama dari Swara Kampus adalah suplemen pendidikan yang terbit empat halaman di Kedaulatan Rakyat (KR) dan pelatihan reguler yang berlangsung setiap bulan. 

e. Pemberitaan Media Cetak dan Online (Koran Kedaulatan Rakyat dan Kedaulatan Rakyat Online) memang terkategori unggul dalam media cetak tertua di Indonesia. Karena muatan konten berbasis intelectual community. Koran Kedaulatan Rakyat yang terlahir secara lokal mampu menghasilkan muatan konten yang menembus kancah internasional. Hal ini didukung oleh Sumber Daya Manusia yang memiliki intelektual tinggi. Identitas tersebut digambarkan pada logo Kedaulatan Rakyat yang mencerminkan konsep Intelectual Based Community.

7 komentar:

ini sumbernya darimana? boleh dipake sbg referensi?

Bacacalah Sejarah KR pada buku yg berjudul: 50 Tahun Kedaulatan Rakyat.

Bacacalah Sejarah KR pada buku yg berjudul: 50 Tahun Kedaulatan Rakyat.

Oky makasi atas masukan dan kritikannya

beberapa ada yang salah kata dosenku. But is enought, terima kasih kemarin tak jaiin bahan tugas walau banyak revisinya. nuwun

Rubrik yang tetap bertahan sampai sekarang di KR tentu saja yang sungguh-sungguh terjadi alias eSeSTe

Posting Komentar