Swara Kampus-KR


Pengantar 

Swara Kampus diterbitkan sebagai komitmen Harian Kedaulatan Rakyat untuk memberikan informasi terbaik dan terpercaya kepada sidang pembacanya. Terutama bagi pembaca kelas menengah terdidik seperti mahasiswa serta dosen. Mahasiswa DI Yogyakarta yang mencapai 300 ribu orang ditambah lebih dari 20 ribu dosen, peneliti serta karyawan perguruan tinggi, merupakan pembaca yang harus diperhatikan. 

Lebih dari itu, hadirnya Swara Kampus merupakan perwujudan tanggung jawab moral Harian Kedaulatan Rakyat untuk meneguhkan kembali DI Yogyakarta sebagai pusat pendidikan di Indonesia. Diharapkan dengan adanya Swara Kampus dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan serta ilmu pengetahuan.

Swara Kampus merupakan media suplemen pendidikan Harian Kedaulatan Rakyat, yang menerapkan jurnalisme warga (citizen jurnalism). Jurnalisme warga memiliki ciri-ciri antara lain: Pertama, menempatkan khalayak pembaca sebagai partisipan. Mengajak masyarakat terlibat dalam berbagai masalah komunitasnya. Perlu rubrik untuk diskusi publik: ada public service, penyebaran informasi, kritik sosial, dan pesan moral. Kedua, masyarakat pembaca melalui mekanisme tertentu dilibatkan sebagai kontributor informasi. Ketiga, memberikan arah stressing kepada masyarakat yang diupayakan untuk merasa memiliki media itu dan menjadi bagian dari media itu.

Proses penerbitannya, Swara Kampus, menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme warga tersebut. Rubrikasi dalam Swara Kampus diisi oleh mahasiswa (sebagai segmentasi terbesar). Oleh sebab itu mahasiswa yang akan mengisi rubrikasi Swara Kampus diberikan pelatihan jurnalistik terlebih dahulu. Setelah diberikan pelatihan jurnalistik, barulah mahasiswa ditugaskan untuk melakukan praktek peliputan berita, yang nantinya dimuat di Swara Kampus. 

Oleh karena itu, produk utama dari Swara Kampus adalah suplemen pendidikan yang terbit empat halaman di Kedaulatan Rakyat (KR) dan pelatihan reguler yang berlangsung setiap bulan.

Apa itu Swara Kampus ?

Swara Kampus merupakan suplemen SKH Kedaulatan Rakyat – KR, dalam bidang pendidikan. Swara Kampus akan menerapkan jurnalisme warga (citizen jurnalism), sehingga sebagian besar rubrikasi akan diisi oleh mahasiswa sebagai segmen pembaca Swara Kampus (SK).  Swara Kampus merupakan media komunikasi antara mahasiswa dalam maupun dengan perguruan tinggi lain, kampus satu dengan kampus yang lain, serta antara lembaga pendidikan tinggi dengan masyarakat. Mendorong interaksi positif antara perguruan tinggi dan masyarakat. Menempatkan khalayak pembaca sebagai partisipan. Mengajak masyarakat terlibat dalam berbagai masalah komunitasnya. Perlu rubrik untuk diskusi publik: ada public service, penyebaran informasi, kritik sosial, dan pesan moral. Masyarakat pembaca melalui mekanisme tertentu dilibatkan sebagai kontributor informasi. Memberikan arah stressing: masyarakat diupayakan untuk merasa memiliki media itu dan menjadi bagian dari media itu.

Citizen Journalism ?

Menempatkan khalayak pembaca sebagai partisipan. Mengajak masyarakat terlibat dalam berbagai masalah komunitasnya. Perlu rubrik untuk diskusi publik: ada public service, penyebaran informasi, kritik sosial, dan pesan moral. Masyarakat pembaca melalui mekanisme tertentu dilibatkan sebagai kontributor informasi. Memberikan arah stressing: masyarakat diupayakan untuk merasa memiliki media itu dan menjadi bagian dari media itu. Mahasiswa akan dilibatkan dalam pengisian rubrikasi yang disediakan. Mahasiswa diberi pengetahuan dan keterampilan jurnalitik (pelatihan jurnalistik).

Education Jurnalism ? 

Dasar perjuangannya; pendidikan yang bermutu; Subyek liputannya peristiwa pendidikan; Wilayah liputannya kampus dan isu gejala pendidikan pada umumnya; Jurnalisnya adalah orang kampus; Publik pembacanya adalah mahasiswa, orang tua mahasiswa, akademisi dan masyarakat umum.

Format Media Swara Kampus ?

Bentuk: Koran (standar KR), Jumlah Halaman: 4 halaman, Periodesasi: satu minggu sekali, tiap Rabu, Segmentasi: Mahasiswa, dosen dan karyawan Kampus.

Rubrikasi ?

1.Laporan Utama (Laput). Rubrik Laput akan menyajikan pembahasan suatu tema dengan mendalam. Tema Laput dapat ditulis dalam beberapa tulisan sehingga pembahasannya lebih komprehensif. Tema-tema yang akan diangkat merupakan tema-tema yang menarik, penting dan menjadi perhatian banyak kalangan dalam dunia pendidikan khususnya kampus, serta hidup dan kehidupan mahasiswa. 


2.Forum Rektor, Forum Rektor merupakan rubrik wawancara khusus kepada rektor-rektor perguruan tinggi di Yogyakarta. Tema wawancara akan disesuaikan dengan bidang pemikiran atau pun aktualitas saat wawancara dilakukan. 


3.Swara Mahasiswa: rubrik ini berisi artikel opini tentang pendapat dan pemikiran mahasiswa dalam memandang suatu tema tertentu dalam kerangka dunia pendidikan. 


4.Panorama (life style ), rubrik ini akan mengupas tentang kehidupan mahasiswa dengan berbagai gaya hidupnya. 


5.Dinamika Kampus, rubrik ini mengenai dinamika mahasiswa, rektorat maupun birokrasi kampus.


6.Ekskul, rubrik ini akan berisi informasi tentang profil, aktivitas ataupun prestasi organisasi kemahasiswaan dari berbagai perguruan tinggi yang layak untuk diangkat. 

7.Trend, berisi informasi tentang produk-produk yang sedang menjadi trend dikalangan mahasiswa. Misalnya, laptop terbaru, telepon seluler, kendaraan, internet broadband, pakaian, dan lain-lain. 

8.Sharing, berisi profil mahasiswa, dosen mapun peneliti berprestasi yang bisa dijadikan inspirasi bagi mahasiswa mapun dosen lain. 

9.Swara Redaksi, merupakan editorial yang berisi sikap redaksi Swara Kampus dalam menyikapi isu-isu dalam dunia pendidikan. 

10.Status Kampus, rubrik yang berisi komentar-komentar mahasiswa, dosen, maupun masyarakat tentang suatu tema yang dilemparkan oleh redaksi melalui situs jaringan sosial Facebook. 

11.Karya, rubrik yang berisi informasi-informasi tentang hasil riset mahasiswa, dosen ataupun pusat-pusat studi di perguruan tinggi. 

12.Prestasi, berisi tentang sosok mahasiswa ataupun dosen yang memiliki prestasi, sebagai inspirasi bagi mahasiswa yang lain.

Format Media Swaka ?

Tampilan :

 –Bahasa yang tidak kaku
–Bercorak soft news
–Sederhana,
–Mudah dipahami
–Menyegarkan pembaca
–Diwarnai oleh pemainan foto, grafis, pull out.
–Lay out tidak konvensional (kaku).




1 komentar:

Bagaimana cara mengirim tulisan ke KR swara mahasiswa?

Posting Komentar