The Manifesto

German Ideology :

"dalam masyarakat komunis masingmasing orang tidak terbatas pada bidang kegiatan ekslusif. Melainkan dapat mencapai kecakapan dalam bidang apapun. Masyarakat mengatur produksi umum. Dengan memungkinkan hal ini saya kerjakan hari ini. hal itu besok. pagi hari berburu. siang hari memancing ikan. sore hari memelihara ternak. sesudah makan mengkritik." (Mew 3.33)
=========================================================================
Februari 1848 - Pemikiran perjuangan kelas yang dikemukakan oleh Marx dan Engels :

"Sejarah dari semua masyaraka yang ada sampai saat ini merupakan cerita dari perjuangan kelas. Kebebasan dan perbudakan. bangsawan dan kaum jelata. tuan dan pelayan. kepala serikat kerja dan para tukang. dengan kata lain. penekan dan yang ditekan. berada pada posisi yang selalu bertentangan satu sama lainnya. dan berlangsung tanpa terputus."
=================================================================
Marx mengatakan :

"Sejarah dari semua masyarakat yang ada hingga saat ini adalah sejarah perjuangan kelas. Orang bebas dan budak. bangsawan dan rakyat biasa. tuan dan hamba. pemimpin perusahaan dan orang luntang-lantung. Singkat kata. Penindas yang tertindas selalu bertentangan satu sama lain. yang berlangsung tak putus-putusnya dalam satu pertarungan yang kadang-kadang terbuka. Suatu pertarungan yang setiap kali berakhir. baik dalam rekonstruksi masyarakat pada umumnya secara revolusioner maupun dalam keruntuhan umumnya dari kelas-kelas yang berceksok itu."

"Manusia membuat sejarahnya sendiri tetapi mereka tidak membuatnya sesuka mereka; mereka tidak membuatnya dalam keadaan yang dipilih oleh mereka sendiri. tetapi dalam keadaan yang langsung dihadapi. diberikan dan ditularkan dari masa lampau."
=================================================================

0 komentar:

Posting Komentar