Revisionis dan Utopis

 
"Proletariat tentu saja lebih suka mencapai kekuasaan dengan jalan damai. Namun. banyak sekali bukti sejarah yang menunjukkan bahwa kelas-kelas yang reaksioner tidak pernah menyerahkan kekuasaannya secara sukarela dan bahwa mereka selalu menggunakan kekerasan untuk menindas gerakan masa revolusioner dan memprovokasi perang sipil. Kemudian menggantikannya dengan perjuangan bersenjata."
The proletarian Revolution and Kruschev's Revisionism." March 31. 1964 http://www.marx2mao.com/other/prkk64.html.

Istilah revisionis diterapkan pada orang atau organisasi yang menganggap diri sendiri menegakkan prinsip-prinsip Marxis atau secara korektif menyesuaikannya. Namun. ternyata memajukan ideologi dan pendirian yang mencerabut Marxisme dari hakekat revolusionernya. Dalam masyarakat kapitalis. Garis politik revisionis.

1.Menerapkan reformasi sebagai tujuan dalam dirinya sendiri ketimbang mengaitkan perlawanan dan perjuangan rakyat untuk reformasi dengan keterputusan revolusioner dari hubungan milik dan politik.

2.Pikiran Utopis. Mengingkari kekerasan kelas-kelas yang berkuasa dalam mempertahankan kekuasaannya. Secara lebih umum. revisionisme mengingkari bahwa negara adalah alat kelas penguasa. Inilah yang menyebabkan pandangan bahwa transisi damai menuju sosialisme adalah mungkin dan perdamaian internasional yang abadi adalah mungkin di era imperialisme.

Istilah Utopis dimaknakan cita-cita atau khayal tentang kemajuan sosial atau suatu tentang suatu masyarakat dimasa depan yang tidak berdasarkan atas perkembangan dari keadaan-keadaan yang sedang berlaku. "Menurut buku Utopi. Sir Thomas Moore = Suatu rencana yang tidak nyata. yang tidak bisa dipraktikkan."

0 komentar:

Posting Komentar